Senin - Jum'at - 08:00 - 16:00, Sabtu - 08:00 - 13:00

Ku Lebaran Go Internasional

Dear UKM Indonesia yang Kami Banggakan...

Akhir-akhir ini banyak pertanyaan yang ditujukan kepada kita, baik saya secara personal maupun Team AA Packaging House. Baik pertanyaan yang ditujukan ketika kita menjadi pembicara baik diluar kota maupun luar pulau dan kedatangan UKM Indonesia ke Workshop kami dan dari teman-teman dinas dan aparatur pemerintahan.

Dari sekian banyak pertanyaan banyak sudah pertannyaan yang telah kami jawab dan ada pula pertanyaan yang belum kami jawab. Kali ini kami “AA Packaging House” ingin berbagi wacana kepada seluruh pembaca yang kami banggakan khususnya UKM Indonesia, yang menginginkan perubahan wajah dalam kemasan produknya.

Saya yakin hampir semua dari kita menyukai kue lebaran. Rasanya yang legit dan macam ragamnya kue tersebut membuat kita selalu tergoda untuk mengkonsumsinya. teksturnya yang lembut membuat kudapan tersebut nyaman dimulut. Biasanya kudapan tersebut dikemas dalam suatu wadah yang kokoh untuk melindungi produk tersebut. kali ini kami mengambil contoh dari Binaan AA Packaging House berkaitan dengan kudapan tersebut. Berikut adalah produk dan kemasannya.

Menurut saya pribadi, produk tersebut sudah sangat layak untuk bersaing dipasar nasional, namun dari hasil study kami ada hal-hal yang menurut kami perlu dipertimbangkan, sehingga akan meningkatkan nilai jual dari produk tersebut, meningkatkan kecepatan perputaran (turn over) dari penjualan produk tersebut dan pada ujung akhirnya peningkatan profit yang material.

Untuk hal pertama yang kami sarankan adalah memperluas area explore desain grafis, dengan kemasan toples mika tersebut, kita sangat kesulitan mengeksplor desain grafis, untuk itu perlu adanya tambahan kemasan, yang bertujuan untuk mengeksplor desain grafis dan membuat kemasan menjadi ” eye catching “.

Berikut adalah salah satu contoh (kebetulan beberapa saat yang lalu kita dari thailand dan kami mengambil sample) senyampang masih fressh, berikut contoh kemasan :

Jika kemasan tersebut hanya begitu saja, saya kira ngga ada bedanya dengan kemasan yang kita punya, namun tambahan kemasan yang saya maksud diatas adalah sebagai berikut :

Dengan adanya kemasan tambahan, berupa cover untuk mengeksplorasi desain garfis, membuat kemasan yang biasa menjadi sangat cantik, tanpa mengubah kemasan awal (yang bertujuan untuk melindungi produk). Hal ini sangat memungkinkan sekali untuk ditiru oleh produk-produk yang berkemasan toples mika.

Hanya dengan menambah sedikit rupiah, akan meningkatkan gengsi produk, meningkatkan nilai jual dan meningkatkan perputaran penjualan dan pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan UKM Indonesia.

Coba bayangkan jika produk anda (yang bergerak di produk kue lebaran) menggunakan kemasan tambahan seperti ini, puff… pasti CIAMIIIK Cing…..
Bukan hanya kita tambah percaya diri ketika menawarkan produk, tapi dengan kemasan seperti ini akan menjadikan nyali pesaing kita menjadi ciut dan pada akhirnya kita akan memenangkan persaingan.

Perlu diperhatikan juga, UMUM-nya kudapan ini dijual dalam kemasan (toples) yang cukup besar. Dengan besarnya kemasan tentunya membuat harga semakin tinggi dan akan menjauh dar jangkauan daya beli masyarakat.

Saran kami, ada baiknya menjual dalam kemasan yang lebih ekonomis, dan ditambah dengan cover kemasan yang dapat menjadi kamuflase besaran produk, akan menjadikan produk kita kelihatan lebih murah dari sebelumnya.

Akhir kata, tidak banyak yang kami berikan untuk negeri ini, namun yang sedikit ini bisa menjadikan inspirasi dari UMK Indonesia. Besar harapan kami, UKM Indonesia selalu menjadi tuan rumah di negeri tercinta ini.

SALAM SUKSES SELALU UKM Indonesia...

From AA Packaging House with LOVE

Comments powered by CComment